Langsung ke konten utama

Unggulan

Review Buku - The Things You Can See Only When You Slow Down: How to be Calm in a Busy World

The Things You Can See Only When You Slow Down (sumber dok. pribadi) Tepat seperti judulnya The Things You Can See Only When You Slow Down , buku ini memang harus dinikmati secara " slow down " pada waktu luang dalam keadaan pikiran yang tenang ditambah secangkir teh. Kurasa buku ini juga bisa membantu kalian yang butuh healing tanpa perlu traveling . Ini adalah salah satu cara healing yang ekonomis dan praktis. Buku ini seperti angin sepoi di musim semi. Ya, seperti itulah kira-kira kesan yang aku rasakan ketika sedang membaca buku ini. Membuat hati terasa nyaman dan ringan ketika membaca tiap chapter yang ada. Terdapat 8 chapter yaitu (1) Rest, (2) Mindfulness, (3) Passion, (4) Relationships, (5) Love, (6) Life, (7) The Future, (8) Spirituality. Keseluruhan chapter pastinya bisa dibilang penting tapi aku akan mereview beberapa saja supaya kalian makin penasaran baca buku ini.  Chapter 1 - Rest Bila kalian sering merasa kesulitan mengendalikan emosi negatif, seperti anger

Review Novel - Autumn Once More






Judul : Autumn Once More
Penulis : Aliazalea, Anastasia Aemilia, Christina Juzwar, Harriska Adiati, Hetih Rusli, Ika Natassa, Ilana Tan, Lea Agustina, Meilia Kusumadewi, Nina Addison, Nina Andiana, Rosi L. Simamora, Shandy Tan
Halaman : 2320 hlm, 20 cm
Cetak : April 2013 (cetakan pertama)
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
ISBN : 978-979-22-9471-2
Rating (*****) – dari 5 bintang
Sinopsis
Kali ini masih tentang novel bergenre cinta namun dengan format yang berbeda, yaitu antologi (kumpulan cerita pendek). Sesuai dengan jumlah penulis yang ada, novel ini berisi 13 macam cerita cinta. Berikut garis besar dari beberapa cerpen yang ada:
-          Be Careful What You Wish For – Aliazalea
Bermula dari pertemuan singkat penuh tanda tanya yang membuat seorang wanita penasaran dengan teman sekantornya, Gonta. Semula hanya memenuhi hasrat keingintahuan namun berkembang menjadi rasa suka. Pertemuan-pertemuan di kantor yang selalu membuat jantungnya berdegup kencang. Tapi sikap Gonta sering membuatnya bingung dan mengomel dalam hati. Tuhan seolah mendengarkan omelannya. Karena Gonta mendadak menghilang dari pandangannya di kantor. Apa yang sebenarnya terjadi.? Andai dia sempat menyampaikan pada Gonta. Dia menyesali doanya. Dia berjanji jika suatu saat jatuh cinta lagi, maka dia akan mengungkapkan perasaannya. Lalu apakah kali ini Malaikat berbaik hati untuk menyampaikan doanya pada Tuhan.

-          Critical Eleven - Ika Natassa
Tanya seorang wanita karir berusia 28 yang sedang mempertanyakan tujuan hidup selanjutnya. Tidak mudah seperti menentukan tujuan pada boarding pass yang sering kali dia lihat. Dengan kondisi percintaan yang kemarau, tidak ada seseorang yang akan menjadi tujuannya untuk kembali pulang. Kali ini kutukan sedang tidak berlaku, akhirnya dia tidak perlu duduk disebelah anak cengeng atau om-om. Ada Ale yang membuatnya sangat menikmati penerbangan. Tapi sejauh mana takdir akan membawa mereka terbang? Atau ini hanyalah sekedar suguhan manis di pesawat?

-          Stuck with You - Christina Juzwar
Hari pertama Lita bergabung di Prima Communication tapi dia harus terjebak di lift bersama Haris dan Ares. Itulah perkenalan pertama Lita dengan Haris si ramah dari kantor sebelah dan Ares seorang lelaki sinis yang ternyata adalah asisten direktur. Mau tidak mau setiap hari Lita akan sering berurusan dengan Ares yang menyebalkan. Tapi mengapa Ares seolah membenci Haris, apa yang salah dengan si baik Haris?

-          Perkara Bulu Mata - Nina Addison
Vira sedang patah hati memutuskan untuk meluapkan kesedihannya dengan bercerita pada Jojo, salah satu sahabatnya. Sebuah pelukan dan tatapan tajam Jojo tiba-tiba terasa berbeda bagi Vira. Memandang Jojo yang begitu serius membuatnya menyadari hal selama ini tidak dia sadari. Bulu mata Jojo bagus banget. Kenapa perasaannya mendadak tidak karuan karena Jojo, sahabatnya yang sudah setahun ini dia kenal. Tapi yang terjadi saat Lilian dan Albert yang juga sahabatnya justru adalah sumber bocornya rahasia perasaan Vira terhadap Jojo. Inikah alasan mengapa Jojo akhirnya menghindari Vira?

-          Her Footprints on His Heart - Lea Agustina
Menceritakan sepasang kekasih yang sangat sibuk dengan kehidupan masing-masing. Ariana seorang perancang busana muda berbakat. Rendy seorang dokter ahli penyakit dalam. Meski cukup jarang bisa menghabiskan waktu bersama tapi kini mereka semakin sibuk untuk mempersiapkan pernikahan. Tapi Rendy justru bertemu kembali dengan Anne, teman SMA mereka. Anne bukan seorang teman bagi Ariana, tetapi musuh bebuyutan dalam segala hal. Rendy dan Anne sempat menjalin hubungan asmara meski singkat. Tiba-tiba Anne memutuskan pergi ke luar negeri untuk melanjutkan studinya tanpa menjelaskan pada Rendy. Sakit hati Rendy terhadap sikap Anne dia ungkapkan pada Ariana. Ariana yang selalu ada disisi Rendy hingga akhirnya cinta menghampiri sepasang teman curhat ini. Tapi mengapa disaat pernikahan sudah di depan mata justru Anne muncul kembali dan seolah mengusik perasaan Rendy.
Beberapa kisah lainnya adalah
Thirty Something - Anastasia Aemilia
Jack Daniel’s vs Orange Juice - Harriska Adiati
Tak Ada yang Mencintaimu Seperti Aku - Hetih Rusli
Autumn Once More - Ilana Tan
Love is a Verb - Meilia Kusumadewi
The Unexpected Surprise - Nina Andiana
Senja yang Sempurna - Rosi L. Simamora
Cinta 2 x 24 Jam - Shandy Tan
Cukup 5 cerita saja yang aku bocorin, sengaja biar kalian penasaran. Hahaha

Review
      Autumn Once More merupakan buku pertama yang akhirnya membuatku tertarik dengan kumpulan cerpen. Sebenarnya sudah setahun lalu aku membaca buku ini. Tapi baru sekarang niat bikin review-nya haha. Thanks to my best friends who gave me this lovely book. Gara buku ini akhirnya sekarang aku suka berburu buku  tema antologi, kumpulan cerpen atau omnibook. Yang belum kesampaian sampai sekarang adalah baca Antologi Cinta karya Klub Buku Indonesia. Mungkin ada yang mau jual novel preloved Antologi Cinta bisa ditawarin ke aku, soalnya aku sulit menemukan buku ini. Sejauh ini Autumn Once More berada di urutan pertama sebagai kumpulan cerita cinta yang berkesan.
     Sama sekali tidak ada rasa kecewa akan buku ini. Keunikan yang tidak bisa untuk dibandingkan satu sama lain, karena menurutku penulis-penulis ini berhasil menyetarakan posisinya. Apalagi untuk urusan bercerita tentu tiap penulis memiliki gaya yang tidak perlu diperdebatkan. Selama tidak mengganggu maka tidak ada masalah buatku.  Masing-masing kisah memiliki kesan tersendiri buatku. Mungkin karena ada perasaan yang pernah aku alami meski sangat berbeda dari kisah di buku ini.
     Diawal aku sudah disuguhi dengan karya Aliazalea yang membuatku serasa ingat bagaimana rasanya menjadi seorang secret admirer. Ada cerpen Critical Eleven karya Ika Natassa tentang bagaimana bisa perkenalan singkat bisa begitu membekas di hati. Dengan gaya khas Ika selalu berhasil menyampaikan ungkapan-ungkapan tajamnya. Kini cerpen ini telah berbuah sebagai novel yang baru saja diterbitkan bulan Juli kemarin. Kisah Her Footprints on His Heart juga cukup membuatku hanyut dan terombang ambing. Karena tentu saja bukan hanya kisah manis yang tertuang disini, manis, asam, pahit pun terasa. Tentu semua sad ending itu menyebalkan, tapi tidak semuanya buruk. Bukankah terlalu membosankan saat penulis selalu menuruti keinginan pembaca akan happy ending.
May I say that I love every single story in this book.  I highly recommend this book for you. So read it then you’ll going to love this book.

Komentar